Sarana Prasarana

SARANA DAN PRASARANA


sarana, prasarana, dan infrastruktur yang mendukung untuk menunjang penguatan program studi dan keilmuan,diukur dengan indikator/ukuran kinerja sebagai berikut :

1.   Adanya akses internet yang cepat, mudah, dan tanpa batas (min 1 Kb/mahasiswa) untuk menunjang kegiatan perkuliahan 
2.   Adanya pengembangan SISFO kampus yang dapat mengontrol jumlah  mahasiswa yang mengambil mata kuliah dan memiliki pangkalan data.
3.   Bertambahnya jumlah dan koleksi referensi ilmu pendidikan dan matematika serta integrasi ilmu matematika dan keislaman baik dari referensi dalam maupun luar negeri dalam bentuk buku, jurnal, e-learning, dll..
4.   Adanya  jurnal matematika dan pendidikan matematika nasional dan internasianal 
5.   Adanya optimalisasi e-learning sebagai sarana dan media pembelajaran matematika.
6.   Berdirinya perpustakaan dan ruang baca prodi tadris matematika
7.   Adanya ruang seminar atau pertemuan prodi matematika
8.   Bertambahnya jumlah ruang perkuliahan prodi tadris matematika dan ruang praktek microteaching bagi mahasiswa tadris matematika yang memenuhi standard.
9.   Adanya ruang kerja dosen  dan ruang rapat dengan luas sesuai dengan standar atau ketentuan BAN PT.
10.  Terpajangnya poster yang memuat visi, misi dan tujuan jurusan dan diletakkan di tempat-tempat strategis yang mudah terbaca.

Pencapaian penguatan tata kelola dan sistem informasi satu atap berbasis teknologi komputer, diukur dengan indikator/ukuran kinerja sebagai berikut:

1. Adanya pusat informasi yang mengakomodir semua data program studi Tadris Matematika dan Data STAIN Batusangkar dan informasi yang dibutuhkan dalam rangka pengembangan lembaga
2. Adanya jalinan kerjasama dengan pihak luar untuk penguatan tata kelola berbasis ICT, terutama dari pihak swasta.
3. Adanya  sistem  penjaminan  mutu  untuk  mendukung  pelaksanaan organisasi   Tadris  Matematika   yang  fungsional,  sehat,   transparan  dan akuntabel
4. Adanya sistem jaminan mutu prodi melalui pengaktifan Kelompok Keilmuan Matematika dalam memantau silabus, rencana dan kesesuaian materi serta mutu soal secara terintegrasi.
5. Adanya standar sistem administrasi dan keuangan untuk mendukung transparansi,  efektivitas  dan  efisiensi  sumberdana  dan  sumberdaya  dalam rangka menghasilkan pelayanan yang prima.
6. Pelaksanaan pelatihan leadership dan managerial bagi ketua Prodi
7. Adanya SOP untuk setiap kegiatan di jurusan.
8. Adanya instrumen umpan balik tentang kelancaran proses PBM bagi dosen.
9. Adanya instrumen umpan balik tentang kompetensi dan relevansi kurikulum di dunia kerja bagi alumni dan pengguna alumni.
Pencapaian pembuatan dan penyempurnaan naskah/peraturan akademik, kurikulum pembelajaran, manajemen penyelenggaran untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dan bermanfaat bagi masyarakat, diukur dengan indikator/ukuran kinerja sebagai berikut:

1.  Adanya pedoman penulisan proposal dan skripsi bagi mahasiswa Tadris Matematika
2.  Adanya instrument penilaian autentik untuk praktek micro teaching
3.  Adanya himpunan Standard Operating Procedure (SOP) dan Indikator Kinerja Utama (IKU) tentang  penyelenggaraan akademik, seperti kurikulum, penerimaan mahasiswa baru, penyelenggaran perkuliahan, penyelenggaraan wisuda, panduan penulisan karya ilmiah dan lain-lain.
4.  Adanya dokumen silabus, mengarsipkan bahan ajar, dan media pembelajaran yang relevan untuk setiap mata kuliah.
5.  Adanya dokumen kurikulumTadris matematika  berbasis integrative ilmu matematika dan keislaman
6.  Adanya program-program untuk memberikan kesempatan percepatan masa studi mahasiswa tadris matematika.
7.  Adanya pertemuan dengan alumni dan stackeholders dalam pembenahan pengelolaan prodi dalam proses pembelajaran, penggalangan dana, informasi pekerjaan, dan membangun jejaring (networking).

0 komentar :