Ticker

6/recent/ticker-posts

Hari Pi (Pi Day)


Hari Pi adalah sebuah perayaan tahunan konstanta matematika π (pi). Hari Pi dirayakan setiap bulan Maret tanggal 14 (3/14 pada format tanggal month/day atau mm/dd) karena 3, 1, dan 4 adalah tiga angka penting pertama dari konstanta π. Pada tahun 2009, Dewan Perwakilan Amerika Serikat mulai mendukung perayaan Hari Pi.

Hari Pendekatan Pi dirayakan di bulan Juli tanggal 22 (22/7 dalam format day/month atau dd/mm), karena pecahan 227 adalah pendekatan π yang umum digunakan. Pendekatan ini akurat hingga dua tempat desimal dan telah digunakan sejak zaman Archimedes.

Peringatan besar-besaran pertama Hari Pi diadakan oleh Larry Shaw pada tahun 1988 di Exploratorium San Fransisco, dimana Shaw bekerja sebagai fisikawan, dia dengan stafnya berbaris, berkeliling salah satu ruang bundarnya, lalu memakan pai buah. Selanjutnya Exploratorium melanjutkan tradisi memperingati hari Pi.

Pada 12 Maret, 2009, Dewan Perwakilan Amerika Serikat menyetujui resolusi tak terikat (111 H. Res. 224) yang menjadikan 14 Maret, 2009 sebagai Hari Pi Nasional. Pada peringatan Hari Pi tahun 2010, Google menampilkan sebuah Google Doodle yang merayakan peringatan tersebut, dengan logo Google didalam lingkaran dengan simbol pi.

Keseluruhan bulan Maret 2014 (3/14) dirayakan oleh beberapa orang sebagai "Bulan Pi".Pada tahun 2015, Hari Pi memiliki arti penting pada format tanggal 3/14/15 (mm/dd/yy) pada pukul 9:26:53 a.m. dan juga di 9:26:53 p.m., karena tanggal dan waktunya mewakili 10 digit pertama dari π. Hari Pi 2016 juga penting karena mm/dd/yy mewakili pi yang dibulatkan menjadi lima digit pertama.

Hari Pi telah dirayakan dengan berbagai cara, termasuk makan pai, melempar pai dan membahas pentingnya bilangan π. Hal ini karena adanya permainan kata berdasarkan kata-kata "pi" dan "pie" (pai) yang merupakan homofon dalam bahasa Inggris.

Massachusetts Institute of Technology sering mengirimkan surat aplikasi kepada calon mahasiswa untuk diterima sebagai mahasiswa pada Hari Pi. Mulai tahun 2012, MIT telah mengumumkan bahwa pihaknya akan memposting keputusan tersebut (pribadi) secara online di Hari Pi pada pukul 6:30 waktu setempat, yang mereka sebut "Tau Time", untuk menghormati nomor saingan pi yaitu tau (2π) bersama-sama. Pada tahun 2015, keputusan reguler dilakukan secara online pada pukul 9:26 pagi, mengikuti "moment pi" hari itu.

Di Princeton, New Jersey, biasanya diselenggarakan berbagai acara dalam perayaan gabungan Hari Pi dan ulang tahun Albert Einstein, yang juga 14 Maret. Einstein tinggal di Princeton selama lebih dari dua puluh tahun saat bekerja di Institute for Advanced Study. Selain makan pai dan lomba menghafal desimal pi, ada pula kontes mirip Einstein tahunan.

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Pi

Posting Komentar

0 Komentar